10 Alat Kesehatan Dan Fungsinya Beserta Gambarnya


Alat Kesehatan merupakan salah satu unsur penting yang ada di rumah sakit ataupun klinik. Alat ini memiliki fungsi yang sangat banyak mulai dari mendiagnosa, mencegah, mengobati dan juga memelihara serta menyembuhkan. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagai tentang 10 macam alat kesehatan dan fungsinya agar kita tahu alat apa saja yang biasanya digunakan di rumah sakit ataupun klinik. 

10 Alat Kesehatan Dan Fungsinya


Secara umum, ada tiga jenis alat medis atau alat kesehatan yang ada di rumah sakit atatupun klinik yaitu alat Elektromedik, Non Elektromedik dan Produk Diagnostic In Vitro. Berikut ini 10 alat kesehatan yang mencangkup semua jenis tersebut. 

1. Tensimeter

10 alat kesehatan dan fungsinya
Kita semua sudah mengetahui tentunya ketika kita memeriksakan diri ke rumah sakit atau klinik. Kali pertama dan wajib diketahui oleh dokter adalah tekanan darah. Nah, alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah itulah yang disebut dengan tensimeter. Tahukah anda tensimeter termasuk salah satu alat medis yang bebas dan siapa saja bisa memilikinya untuk kebutuhan kesehatan pribadi. Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menggunakannya. Anda bisa baca cara menggunakan tensi manual dan juga digital di blog ini.

2. Alat Sterilisasi Medis

Alat yang wajib atau harus ada di rumah sakit ataupun klinik berikutnya yaitu alat sterilisasi. Alat ini berfungsi untuk mensterilkan alat – alat kedokteran yang telah digunakan seperti alat pemeriksaan gigi, alat bedah, dan yang sejenisnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit yang diakibatkan karena penggunaan alat dari orang satu ke orang lain. Sterilisasi alat kesehatan dilakukan oleh petugas medis dengan prosedur khusus.

3. Termometer



Alat kesehatan yang ini mungkin anda memilikinya di rumah. Termometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Ada banyak sekali jenis termometer dan salah satu yang digunakan dalam dunia medis diantaranya adalah termometer badan. Fungsi alat nini adalah untuk mengukur suhu tubuh pasien ketika demam. 

4. Stetoskop



Anda yang pernah diperiksa oleh dokter tentunya sudh mengetahui alat ini. Dokter selalu mengenakannya ketika memeriksa pasien. Ya, namanya stetoskop adalah alat yang digunakan untuk memeriksa suara di dalam tubuh manusia seperti suara detak jantung, helaan nafas, perut, usus dan lain sebagainya. 

5. Alat Suntik



Alat ini ditakuti pasien anak – anak, mereka takut disuntik karena dianggapnya sangat sakit. Memang sakit namun tidak begitu sakit karena jarum yang digunakan dalam alat sunit sibuat sangat tajam dengn tujuan untuk mengurangi rasa sakit. Alat ini berfungsi untuk memasukkan cairan obat ke dalam tubuh pasien langsung dari pembuluh darah. 

6. Infus Set



Hampir sama fungsinya dengan alat suntik, namun infus set berfungsi untuk memasukkan cariran mineral ke dalam tubuh pasien yang dirawat karena sakit. Hal ini bertujuan untuk menjaga pasien dari kekurangan caian saat menjalani perawatan di rumah sakit. Alat ini dan alat suntik termasuk alat medis sekali pakai, apabila sudah selesai alat ini dibuang yang terleih dulu dihancurkan. 

7. Defibrillator 


Defibrillator dikenal juga dengan istilah alat kejut jantung. Yaitu alat kesehatan yang digunakan untuk menolong pasien serangan jantung. Defibrillator bekerja dengan cara memberikan kejutan listrik (sengatan) pada jantung sehingga ketika jantung dalam kondisi tidak wajar akan berhenti sesaat dan kemudian bisa berdetak dengan normal kembali. Umumnya terdapat dua jenis defibrillator yang ada di pasaran. Defibrillator manual dan AED. Hampir semua Suplier alat kesehatan jual defibrillator dengan berbagai macam merk dan model.

8. Inkubator Bayi



Hampir sama dengan inkubator untuk ayam atau unggas yaitu berfungsi untuk inkubasi. Alat inkubator bayi ini khusus digunakan untuk bayi yang terlahir premature atau lahir sebelum kelahiran normalnya. Di dalam inkubator ini, bayi diberikan perawatan intensif dengan ketat agar pertumbuhanya maksimal dan segera bisa pulang ke rumah. 

9. Hematology Anlyzer



Nah, diatas kita sudah sedikit berbicara tentang alat diagnostik atau alat yang berfungsi untuk kepentingan diagnosis penyakit. Hematology Analyzer merupakan salah satu diantara jenis alat tersebut. Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk memeriksa sel – sel darah seperti jumal sel hemoglobin, trombosit, leukosit dan lain sejenisnya. 

10. Alat Rekam Jantung (EKG)



EKG atau Elektrokardiografi merupakan alat kesehatan yang digunakan untuk pemeriksaan kesehatan jantung. Tepatnya untuk menganalisa irama jantung yang tidak normal. Alat ini tergolong Elektromedik karena hampir seluruh aspek yang ada di dalam alat ini berhubungan dengan kelistrikan termasuk fungsi alat ini adalah untuk merekam aktifitas kelistrikan jantung. 

Nah, itulah 10 macam alat kesehatan dan fungsinya yang bisa kita temukan di rumah sakit ataupun klinik. Sebenarnya ada banyak sekali alat – alat medis yang belum kita bahas. Namun, mudah – mudhan tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk anda yang membacanya.

0 komentar