Cara Menggunakan Tensimeter Manual Tidak Sulit !


Mungkin dulu kita berfikir bahwa alat medis hanya bisa digunakan oleh para petugas medis. Namun sekarang, perkembangan teknologi sudah sangat pesat, informasi apa saja bisa kita dapatkan dengan mudah hanya dengan duduk di rumah. Termasuk yang akan kita bahas dalam kesempatan kali ini. Perahkah anda berfikir untuk menggunakan alat medis unutk kebutuhan pribadi ? 


Contohnya dalah alat ukur tekanan darah. Berapa banyak orang Indonesia yang memiliki penyakit ini dan mereka harus ke dokter ketika ingin mengetahui kondisi tekanan darahnya. Mengapa kita tidak membeli saja alat tersebut untuk kita gunakan dirumah ? Kita akan bebas menggunakannya kapan saja. Benar bukan ? 

Pertanyaanya, apakah kita bisa menggunakannya ? Saya berani menjawab bahwa 90% dari kita bisa menggunakannya apabila mau balajar. Ada dua jenis tensimeter yang dijual dipasaran, yaitu tensimeter digital dan tensimeter manual. Yang perlu kita garisbawahi adalah tensimeter manual karena membutuhkan sedikit latihan dalam proses penggunaanya. 

Kali ini saya ingin berbagi cara singkat, bagaimana menggunakan tensimeter manual untuk mengukur tekanan darah. Berikut langkah – langkahnya : 
  • Siapkan sebuah tensimeter manual dan sebuah stetoskop 
  • Jika sudah, pasang manset pada pergelangan tangan kiri anda 
  • Kemudian kenakan stetoskop dan tempelkan pada lengkan kiri anda tepat diatas lipatan siku dimana anda dapat mendengar denyut nadi paling kuat. 
  • Genggam bola tensimeter dengan menggunakan tangan kanan dan pastikan knop pelepas tekanan dalam kondisi tertutup 
  • Pompa manset sambil perhatikan pada jarum manometer 
  • Pompa terus hingga jarum menunjukkan anga 180 mmHg. 
  • Kemudian, setelah itu lepaskan udara pada masnset dengan membuka katup pelepas tekanan. Lakukan dengan perlahan dan usahakan stabil 
  • Perhatikan turunnya jarum manometer dan dengarkan baik – baik dimana saat anda mendengar denyut nadi paling keras untuk pertama kali ? Itulah tekanan darah sistolik 
  • Kemudian dengarkan terus hingga suara tersebut akan menghilang, perhatikan jarum manometer pada saat anda sudah tidak lagi mendengar detak tersebut untuk terakhir kalinya. 
  • Itulah tekanan diastolik 
  • Jadi sekarang anda sudah bisa mengukur tekanan darah anda yaitu sistolik/diastolik 
  • Ulangi beberapa kali jika anda dalam tahap belajar. Dan lakukan juga pada orang lain agar lebih terbiasa sehingga pengukuran anda semakin akurat. 

Bagaimana ? Tidak sulit bukan ? Anda hanya perlu belajar beberapa waktu saja untuk bisa menguasainya. 

Nah, sekarang anda tidak perlu bingung lagi apabila anda ingin membeli tensimeter untuk keperluan pribadi. Anda bisa menggunakan tensimeter manual terlebih lagi tensimeter digital yang hanya sekali pencet anda sudah bisa melihat hasilnya. Namun apabila anda masih bingung, anda bisa baca tips membeli tensimeter untuk mendapatkan wacana lain agar anda bisa menentukan jenis tensimeter mana yang akan anda beli. Sekian, semoga bermanfaat !


0 komentar