Tips Memberikan Makanan Untuk Bayi Usia di Bawah 6 Bulan


Tips Memberikan Makanan Untuk Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

Bayi adalah anugrah terindah dalam hidup manusia. Ketika seorang keluarga sedang mempunyai bayi, bisa dipastikan rumah keluarga itu akan mendapat kucuran kasih sayang yang melimpah. Kehadiran bayi juga menjadikan setiap orang yang berada di dekatnya merasa bahagia. Setiap orang yang melihat wajah bayi yang lucu dan menggemaskan pasti akan merasa senang dan kesedihannya akan terhapus. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?

Ketika seorang ibu mempunyai bayi, ada banyak hal-hal yang harus diperhatikan agar bayinya tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas, dan bahagia. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah makanan bayi Anda.

Makanan merupakan salah satu dari 3 kebutuhan dasar manusia. Tanpa makanan, manusia tidak akan bisa hidup dengan baik. Karena itulah, sejak dari usia bayi, makanan merupakan sesuatu yang harus diperhatikan agar bayi dapat tumbuh dengan baik. Akan tetapi, terkadang para ibu merasa bingung ketika hendak memberi makan bayinya.

Pada usia berapakah bayi mulai diberi makanan padat atau makanan pendamping?

Ibu-ibu jaman dulu mungkin memberikan makanan kepada bayinya mulai sekitar usia 4 bulan. Di jaman modern ini, makanan seperti itu disebut sebagai Makanan Pendamping air susu ibu (MPASI). Makanan pendamping ASI ini berupa makanan yang dimakan oleh orang dewasa, akan tetapi dihaluskan terlebih dahulu agar si bayi mudah menelan. Contoh MPASI, antara lain bubur buah-buahan, seperti apel yang sudah dihaluskan dengan blender.

Kemudian beberapa bubur yang terbuat dari tepung beras. Ada pula ibu yang memberi bayinya kaldu daging ayam yang dicampur dengan tahu atau daging yang dihaluskan. Selain itu, sayur-sayuran rebus yang sudah dihaluskan juga menjadi pilihan makanan padat untuk bayi. Susu formula juga dianggap sebagai makanan pendamping ASI yang tepat, terutama ketika ibu bayi sibuk dengan pekerjaannya dan tidak sempat memberikan ASI kepada bayinya.

Akan tetapi, baru-baru ini WHO merekomendasikan agar bayi tidak diberi makanan padat sampai si bayi berusia 6 bulan. Jadi, makanan yang tepat untuk bayi di bawah 6 bulan masih tetap ASI. Begitu pula dengan makanan bayi 5 bulan. Disarankan untuk tidak mengganti ASI sebagai makanan utama bayi, kecuali jika ada kasus misalnya ASI yang tidak keluar.

WHO juga menyarankan agar ibu selalu memberikan ASI kepada bayi karena kandungan dalam ASI memang tepat untuk perkembangan bayi. Karena itulah, sesibuk apapun Anda, sempatkanlah untuk memberi bayi Anda ASI. Kebanyakan ibu merasa malas ketika memberi bayi mereka ASI dengan berbagai alasan. Padahal, hal ini dapat mengakibatkan hal-hal buruk pada perkembangan bayi ke depannya.

Jika Anda khawatir terhadap bayi Anda yang sering menangis meskipun sudah diberi ASI, sebaiknya Anda jangan terburu-buru memberikan makanan padat kepada bayi Anda. Bayi menangis belum tentu karena lapar. Memberi makanan padat kepada bayi secara terburu-buru pada usia yang masih sangat dini dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada bayi Anda.

Beberapa kasus yang sering dijumpai adalah bayi menjadi intoleran terhadap beberapa makanan, bayi mengalami reaksi alergi, dan bayi akan mudah mengalami beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan perut kembung. Pada kasus yang sudah parah, bayi cenderung untuk mengalami obsitas dan bahkan bisa mengidap diabetes.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini dikarenakan pada usia di bawah 6 bulan, sistem pencernaan bayi masih belum sempurna sehingga dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan ketika ibu memberikan makanan padat yang tidak sesuai dengan umurnya.

Mungkin teman-teman Anda yang sudah berpengalaman akan menyarankan untuk memberi makan bayi Anda sejak dini. Akan tetapi hal itu tidak usah dirisaukan. Pada akhirnya bayi akan bisa mengkonsumsi makanan pada usia yang tepat. Bukankan Anda dulu juga pernah menjadi bayi?

Namun, jika Anda merasa bahwa bayi Anda sering merasa lapar meskipun sudah mengkonsumsi ASI cukup banyak, dan jika Anda ingin memberikan makanan padat kepada bayi Anda yang baru berusia di bawah 6 bulan, lebih baik konsultasikan dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum mulai memberikan makanan padat kepada bayi Anda untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

0 komentar