Bolehkah Memberikan Minuman Ringan Pada Bayi?


Bolehkah Memberikan Minuman Ringan Pada Bayi?

Saya sering melihat ibu tetangga memberikan bayinya minuman ringan orang dewasa yang sedang di minum ibunya. Sebenarnya boleh tidak memberikan minuman ringan bagi bayi?

Dengan alasan apapun jangan memberikan minuman soda atau minuman ringan untuk bayi Anda. Jus buah dewasa dan susu dengan rasa buah bukan merupakan makanan yang baik untuk bayi.

Minuman ringan dewasa atau soda dan jus buah kemasan sangat manis dan asam yang dengan mudah bisa merusak gigi bayi. Susu dengan rasa buah memang terkadang bayi menyukainya tetapi kurang bagus karena terlalu tinggi gula dan bahkan pemanis bukan alami.

Selain dapat merusak gigi bayi, minuman dewasa dapat juga merusak nafsu makan bayi karena jika di berikan berlebihan akan bisa merusak selera makan si kecil. Karena bayi belum mempunyai sistem pencernaan yang kuat, si kecil juga bisa mengalami diare dan sakit perut karena asupan gulan yang tinggi.

Terlalu memanjakan bayi dengan minuman manis juga bisa menyebabkan bayi Anda terbiasa dan bisa saja si kecil akan selalu minta minuman yang terlalu manis yang bisa berakibat buruk untuk kesehatan dan berat badannya yang berlebih.

Perlu ibu ketahui bahwa minuman terbaik bayi adalah ASI, susu formula dan air putih hingga setidaknya bayi berusia 12 bulan. Setelah usia 12 bulan atau 1 tahun bayi bisa di berikan minuman susu sapi full fat atau susu kambing sebagai minuman utamanya. Susu fromula mengandung vitamin penting yang di butuhkan si kecil terutama B2 dan B12, kalsium dan mineral.

Perlu ibu ketahui juga memberikan jus buah untuk bayi juga tidak perlu terutama jus buah untuk dewasa. Anda bisa memberikan buah dengan memasaknya dengan baik untuk bayi Anda atau memberikan jus yang encer dan tidak di berikan gula tambahan seperti untuk orang dewasa, supaya tetap aman dikonsumsi.

Demikian tadi adalah sedikit pembahasan mengenai boleh tidaknya memberikan minuman ringan yang biasa dikonsumsi orang dewasa untuk bayi kita. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat dan menambah pengetahuan kita, terima kasih.

0 komentar